Kamis, 10 Juli 2008

Mengapa Prosedur Kerja (SOP) Dibutuhkan?

Perusahaan adalah sebuah organisasi yang terdiri dari asset dan infrastruktur serta sumber daya manusia sebagai penggeraknya. Setiap perusahaan memiliki visi dan misi yang ingin diwujudkan dan profit merupakan salah satu sasaran dari perusahaan untuk terus tumbuh dan berkembang.

Bagaimana agar perusahaan dapat mewujudkan visi dan misinya serta memperoleh profit yang optimal? Salah satu jawabannya adalah dengan menciptakan sistem kerja yang tepat untuk perusahaan tersebut. Sistem kerja tersebut harus efisien dan efektif di setiap departemen, mulai dari level direksi hingga staf terbawah. Selain itu, sistem tersebut harus memperhatikan kualitas kerja dan fungsi kontrol yang baik untuk menjamin sasaran yang ingin diwujudkan perusahaan dapat tercapai.

Sistem yang baik haruslah dibakukan untuk menghindari penyimpangan dan perbedaan hasil kerja. Oleh karenanya sistem tersebut harus dibuat tertulis dan terdokumentasi dengan baik. Dengan argumentasi tersebut, dokumentasi SOP mutlak dibutuhkan sebagai pedoman kerja bersama agar perusahaan dapat mencapai sasaran yang diinginkan. SOP tersebut juga dibutuhkan oleh karyawan yang terlibat dalam suatu proses kerja, proses audit sistem dan yang terpenting adalah bagi pihak manajemen untuk melakukan evaluasi perbaikan dan perubahan sistem kerja.

Tidak ada komentar: