Selasa, 01 Juli 2008

Pentingnya Perbaikan Berkelanjutan dengan Berbasis SOP

Setiap perusahaan memiliki visi dan misi yang merupakan tujuan pencapaian jangka panjang. Dalam proses mencapai visi dan misinya perusahaan seringkali menemui berbagai hambatan baik yang bersifat internal maupun eksternal. Dari sisi internal bisa berupa kualitas sumber daya manusia yang dimiliki, kurangnya peralatan untuk mendukung kegiatan operasional atau terbatasnya modal kerja yang dimiliki. Dari sisi eksternal biasanya berupa perubahan regulasi, meningkatnya kompetitor atau adanya perubahan perilaku dan keinginan pelanggan.

Agar tetap bertahan, perusahaan harus memiliki sistem kerja yang sesuai dengan keinginan pelanggan, seperti: kualitas yang baik, kecepatan yang tinggi dan pelayanan yang prima. Sistem kerja tersebut harus mengatur secara menyeluruh dan rinci setiap aktivitas penting yang dilaksanakan oleh setiap jabatan dari level yang tertinggi sampai yang terendah. Agar dapat mendukung operasional yang konsisten maka sistem tersebut harus dibakukan dalam bentuk Standar Operasional dan Prosedur (SOP).

Bagaimana agar sistem tersebut dapat berjalan? Tentunya harus ada proses pemantauan pelaksanaan, evaluasi dan perbaikan yang berkelanjutan. Dengan berpatokan pada SOP yang “up to date” maka pimpinan perusahaan akan dapat memantau proses kerja, memperbaiki proses kerja dan meningkatkan kinerja perusahaan secara berkelanjutan dalam rangka mencapai visi dan misi yang diharapkan.

Tidak ada komentar: